Let's make this life Easy, as well as you can
Mengulas berbagai cerita kehidupan mulai dari tradisi hingga teknologi, tips, solusi, informasi, internet, pekerjaan, hiburan, Kesehatan, mitos, fakta, klenik, unik bahkan mistik yang diulas berdasarkan pengalaman serta dari berbagai referensi, semoga bermanfaat
Menggunakan VPS (Virtual Privat Server) memang memberikan keleluasaan bagi pengelola untuk menambah domain sebanyak mungkin, tujuannya adalah agar dapat mengelola berbagai kepemilikan website dalam server yang sama.

Sebagai pengguna baru, awalnya sedikit kesulitan ketika ingin menghubungkan Nama Domain ke Cloud VPS server yang digunakan, namun seiring berjalannya waktu dan pembelajaran akhirnya saya menemukan cara agar domain terhubung ke server.

Cara menambah dan menghubungkan Domain ke VPS Server

Disini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara agar domain bisa terhubung ke vps server yang digunakan, bagaimana prosesnya, bagaimana cara pengaturannya dan berapa lama proses propagasinya hingga nama domain benar-benar terhubung ke server tersebut.

Domain dan Server di daftarkan di perusahaan webhosting berbeda, kita sebutkan saja Domain yang saya miliki di Masterwebnet dan VPS server yang digunakan merupakan produk Niagahoster, dan berikut ini langkah-langkah yang dilakukan agar nama domain mengarah ke server di perusahaan webhosting berbeda.

Menambah Domain di Cloud VPS Server with Webuzo Control Panel

Menambah Domain di Cloud VPS Server with Webuzo Control PanelLangkah pertama adalah dengan menambahkan nama domain di VPS tersebut, disini saya menggunakan VPS dengan Operating system CentOS 6 64bit yang sudah di install Webuzo control panel.
  1. Login ke VPS Server, jika menggunakan webuzo maka untuk login ke https://noIPaddress:2002 (contoh : https://31.27.89.99:2002), kemudian masukan usernam dan password pada saat menginstall kontrol panel webuzo tersebut.
  2. Jika sudah berhasil Login, maka akan terlihat beberapa menu kontrol panel, dan untuk menambah Domain adalah dengan meng klik "Add Domain".
  3. Jika belum terinstall software untuk memanaje domain, maka akan diarahkan untuk menginstall script untuk mengelola domain.
  4. Masukan nama domain yang diinginkan (domainnya sudah terdaftar), maka ini secara otomatis akan membuat folder dan juga NS domain untuk digunakan pada pengarahan domain.
  5. tahap pertama selesai.

Menambah Name Server Domain

Menambah Name Server DomainLangkah selanjutnya adalah mendaftarkan Name Server Domain (NS Domain) melalui panel registrar, disini saya membahasnya registrar dari masterwebnet
  1. Login ke Client Area WMN
  2. Pada menu paling atas, pilih "Domain"
  3. Pilih domain yang akan diarahkan (klik icon arrow berwarna hijau sebelah kanan )
  4. Scroldown kebawah dan temukan dan klik tombol "Daftarkan name server"
  5. Masukan NS1
  6. Masukan IP address VPS Server anda
  7. Klik simpan
  8. Lalu ulangi untuk mendaftarkan NS2, NS3 dan seterusnya (NS1 dan NS2 saya pikir sudah cukup)
  9. Kemudian kembali ke pengaturan domain (lihat poin 2 dan 3)
  10. Scrolldown ke bawah hingga menemukan judul Name Server
  11. Centang "Gunakan nameserver sendiri (masukkan di bawah)"
  12. Hapus semua name server yang ada dan Masukan Name server yang sudah didaftarkan tadi di kolom yang tersedia, jika cuma ada dua, maka kolom lainnya biarkan kosong.
  13. Kemudian klik Simpan perubahan

Proses Propagasi domain ke VPS Server

Kita semua tahu bahwa proses propagasi domain ke server memerlukan waktu kurang lebih 2-3 jam, maka dari itu bersabarlah.

Setelah menambahkan domain di kontrol panel webuzo tentunya kita sudah bisa mengunggah file homepage (index.htm, index.html, atau index.php) agar ketika propagasi domain sudah tergubung tidak menampilkan dir listing.

Label: , , , ,

Bagikan ke :
facebook google+ twitter BBM

Tulisan Cara menghubungkan Domain ke VPS Server ini ditulis pada November 08, 2016, Admin akan berusaha sebaik mungkin agar informasi ini sesuai dengan kondisi saat ini (Terupdate), harap maklum jika informasi yang terkandung dalam artikel ini sudah kadaluarsa
| Cari Cara menghubungkan Domain ke VPS Server di : AOL | Ask | Bing | DuckDuckGo | Microsoft | Google | ixquick | Yahoo | Yandex | Yippy | MySearch